Kumpulan Tugas PKN

1.   Apa yang dimaksud dengan warga negara Indonesia ? Jelaskan perbedaannya dengan penduduk !
Jawab : Warga Negara Indonesia adalah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangs lain yang disahkan/ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagai warga negara Indonesia. Sedangkan Penduduk adalah orang-orang yang menempati wilayah/tempat tersebut.
2.   Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban ?                               
    Jelaskan keterkaitan keduanya !                                                         
    Jawab : Hak adalah kekuasaan untuk berbuat sesuatu yang dimiliki manusia sejak lahir.Kewajiban adalah sesuatu yang harus dipenuhi dengan penuh rasa tanggung jawab.                                              
    Keterkaitan Hak dan Kewajiban :                                          
    Hak selalu seiring sejalan dengan kewajibanyang harus dipenuhi. Jika kita tidak melaksanakan kewajiban kita maka kita tidak akan mendapatkan hak kita.
3.   Mengapa sebagai warga negara kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak ? Jelaskan jawaban kalian !                                                        
    Jawab : Karena kewajiban merupakan sesuatu yang harus dikerjakan dan dipenuhi untuk mendapatkan hak kita.Contohnya ketika kita hendak membeli barang, kita harus membayar terlebih dahulu yang merupakan kewajiban kita untuk membawa / mendapatkan barang tersebut yang merupakan hak kita.
4.   Bagaimana hubungan antara hak dan kewajiban warga negara denga proses demokrasi?                                                                     
    Jawab : Hak = Membuka ruang yang seluas-luasnya bagi setiap warga negara untuk bisa  menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum ( sistem demokrasi ).Hak warga negara Indonesia dalam demokrasi adalah setiap warga negara Indonesia berhak untuk menggunakan hak pilihnya pada saat PEMILU.Sedangkan kewajiban warga Negara Indonesia adalah harus menaati semua peraturan-peraturan yang berlaku saat PEMILU berlangsung.
5.   Bagaimana pendapat kalian dengan masyarakat kita yang masih kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi di Indonesia ?            Jawab : Sangat disayangkan sekali, padahal kalau saja masyarakat Indonesia mentaati proses demokrasi maka hasilnya akan jauh lebih baik .
    Seharusnya masyarakat Indonesia turut serta dalam rasa tanggung  jawab dalam proses demokrasi agar indonesia menjadi negara maju.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

My Blog List